Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Kombinasi Obat yang Membahayakan

Kenali Kombinasi Obat yang Membahayakan – Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakitnya sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter ternyata sangat membahayakan.

Kenali Kombinasi Obat yang Membahayakan

Kebanyakan masyarakat lebih percaya meminum obat tradisional dan membeli obat di apotik yang pada dasarnya mereka tidak mengerti betul kandungan obat tersebut. Kondisi ini akan semakin bernahaya ketika seseorang mencampurkan obat yang ternyata tidak cocok jika dikonsumsi secara bersamaan.

Hal ini sangat berbahaya mengingat campuran obat yang tidak cocok dapat menimbulkan penyakit hati, gagal jantung, bahkan berujung pada kematian.

Akan tetapi pada dasarnya, kombinasi obat kadang diperlukan untuk mengatasi masalah komplikasi yang timbul akibat suatu penyakit tertentu. Dan terkadang kombinasi obat menjadi sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan gejalanya yang timbul. Untuk itu, berikut adalah beberapa kombinasi obat yang sangat berbahaya dan malah mengancam kesehatan kamu.

Kombinasi antidepresi (SSRIS) dan pereda nyeri (Opioids)

Anti depresi berusaha untuk meningkatkan hormon serotonin pada otak. Cara kerja hormon ini adalah membuat seseorang menjadi bahagia dengan meningkatkan detak jantung sehingga membuat orang yang mengonsumsinya menjadi sangat bersemangat disertai dengan meningkatnya napas.

Baca juga 5 Makanan Laut Ini Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan!

Akan tetapi tahukah kamu ? Mengonsumsi antidepresi yang berbarengan dengan pereda nyeri akan menjadi berbahaya bagi tubuh. Seseorang akan mengalami kehilangan kesadaran dengan seketika. Hal ini dikarenakan mengonnsumsi kombinasi obat tersebut akan menyebabkan peningkatan aliran darah.

Gejala hipertensi ini akan menyebabkan sakit kepala yyang teramat sangat hingga kerusakan pada arteri, dan bahkan menyebabkan stroke. Selain itu, kombinasi obat ini juga akan menyebabkan meningkatnya napas.

Kombinasi pereda nyeri (Opioids) dan obat anti cemas (Benzodiazepine)

Kebalikan dengan kombinasi diatas, obat pereda nyeri justru akan menurunkan laju pernapasan dan merendahkan detak jantung. Hal ini bertujuan untuk membuat pengonsumsi obat ini akan merasa sangat tenang dan tidak merasa kesakitan. Begittu pula deengan obat penenang.

Obat ini akan membuat pengonsumsinya merasa nyaman dan terjaga. Akan tetapi, mengonsumsi obat tesebut secara bersamaan akan membuat pegonsumsinya hilang kesadaran dan menurunkan detak jantung dan napas dengan sangat drastis.

Kombinasi obat penurun kolesterol (Statin) dengan obat anti jamur (Fluconazole)

Penderita penyakit jamur pasti sudah familar dengan obat yang memiliki kandungana Fluconazole. Ya, fluconazole merupakan kandungan yang sangat umum untuk obat jamur. Sedankan Statin merupakan obat kolesterol yang paling banyak diresepkan oleh dokter karena keampuhan obat tersebut dalam mengobati kolesterol tinggi.

Hal ini mengakibatkan kombinasi kedua obat tersebut menjadi sangat mungkin untuk terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan mengakibatkan kelemahan otot dan kerusakan pada ginjal.

Posting Komentar untuk " Kenali Kombinasi Obat yang Membahayakan"